R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Nama Desa-desa di Indonesia Ini Bikin Ngakak Sekaligus Ngeri


Indonesia adalah negara dengan wilayah yang sangat luas. Wilayah Indonesia terbentang antara Sabang sampai Merauke. Dengan wilayah yang begitu luas, tentu Indonesia punya ragam nama wilayah dan daerah.

Nah, beberapa nama wilayah di Indonesia ini ada yang unik, aneh, dan lucu. Berikut nama-nama desa di Indonesia yang bisa bikin senyum-senyum sendiri.

Desa Cawet

Ada yang tahu apa arti kata cawet?

Cawet adalah bahasa Jawa yang dalam bahasa Indonesia artinya celana dalam. Desa ini terletak di Kecamatan Watukumpul, Pemalang, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 50 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Pemalang. Penamaan Desa Cawet asal muasalnya dari kata cawitali, seorang leluhur dan sesepuh yang dianggap sebagai pendiri desa ini.

Desa Siluman

Desa Siluman terletak di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Lalu apa di desa ini ada banyak siluman? Tentu saja tidak.

Nama desa ini awalnya berasal dari sebuah nama sungai kecil yang membelah desa, sungai ci silukman. Karena kebiasaan dan untuk memudahkan penyebutan, lambat laut akhirnya ejaan silukman menjadi siluman. Jadilah nama desa ini sebagai desa Siluman.

Desa Pocong

Seram sekali nama desa satu ini.

Desa Pocong terletak di Bangkalan, Provinsi Jawa Timur. Nama pocong berawal dari kisah seorang penduduk yang meninggal dunia. Konon malamnya para warga merasa ketakutan karena ada pocong yang bergentayangan di sekitar pemukiman desa. Dari kisah inilah akhirnya desa ini dinamakan Desa Pocong.

Desa Bokong

Desa Bokong terletak di kecamatan Toianas, kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Tentu kamu tahu apa arti bokong kan?

Ya, bokong adalah sebutan lain untuk pantat. Namun tidak diketahui bagaimana kisah asal hingga desa ini bisa diberi nama bokong. Penduduk desa ini rata-rata bermatapencaharian sebagai petani. Padi, jagung, ubi sangat banyak ditemui di desa ini. Karena letaknya yang agak terpencil, akses ke Desa Bokong cukup sulit ditempuh.

Desa Koplak

Nama desa ini berada di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia. Di dalam bahasa Jawa, koplak bisa diterjemahkan sebagai bodoh atau konyol.

Penggunaannya pun sudah meluas dan mulai diserap dalam bahasa Indonesia. Sejarah penamaan desa ini tak begitu jelas. Tetapi membaca nama desa ini cukup membuat kita agak merasa geli.


Baca Juga: Fakta Menarik Seputar Kecoa
Sumber: Tribun Jateng
Related Posts

Related Posts