R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Pesan Makanan Online Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan Lho, Simak Faktanya!


Apapun bisa didapat hanya dengan memanfaatkan internet, apalagi jika Anda tak punya waktu atau malas keluar rumah untuk membeli makanan. Namun teknologi ini ternyata tak hanya memudahkan Anda.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan peneliti gabungan dari Tilburg University dan Maastricht University Belanda dan Stanford University, California mengungkap order atau memesan makanan lewat situs daring ternyata bisa mendorong Anda untuk makan makanan sehat.

Bagaimana bisa begitu? Menurut peneliti, ini karena orang-orang cenderung memilih makanan yang tinggi kalori atau makanan tak sehat lainnya saat harus mengutarakan menu yang mereka pesan secara langsung kepada pelayan. Biasanya karena mereka harus mengatakannya dengan suara keras-keras.

Lain halnya bila mereka hanya memesan makanan lewat ponsel, di mana pemesan tinggal mengetik menu makanan yang diinginkan di ponsel atau gadget lain. Sebab dari studi ini terungkap, kedua kegiatan tersebut memicu aktivitas di dua area otak yang berbeda.

"Bicara dengan suara lantang cenderung akan mengaktifkan area otak yang berperan mengatur emosi, sedangkan saat melakukan sesuatu yang bersifat manual seperti mengetik di ponsel, yang aktif adalah area otak yang berperan dalam pemikiran kritis," jelas peneliti seperti dilaporkan Livescience.

Karena disampaikan secara emosional, tak heran bila kemudian makanan yang dipesan juga tidak dipilih dengan pertimbangan matang.

Peneliti lantas mencoba membuktikannya dengan beberapa kali percobaan. Salah satunya dilakukan di sebuah restoran. Di situ terbukti, ketika seseorang harus memesan menu makanan yang diinginkannya dengan suara lantang, maka ia cenderung memilih makanan penutup yang tinggi kalori, terutama yang terbuat dari cokelat dibandingkan yang terbuat dari buah-buahan.

Dalam percobaan lain juga terungkap, para siswa yang membeli makanan dari vending machine cenderung memilih makanan tinggi kalori bilamana mereka diharuskan memesan dengan berbicara di depan mikrofon, ketimbang jika mereka hanya tinggal memencet tombol-tombol tertentu saja.

Kendati demikian, memesan makanan secara daring bisa memupuk kemalasan, apalagi bagi yang ingin menjaga berat badannya tetap ideal. Alangkah baiknya bila pola makan sehat didapat dengan berbelanja atau memilih dan mengolah sendiri asupan makanan yang diinginkan.

Kombinasikan kegiatan ini dengan olahraga ringan seperti bersepeda atau jalan kaki. Tak perlu lama-lama, yang penting rutin.


Baca Juga: BLABLA
Sumber: BLABLA
Related Posts

Related Posts