R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Mengintip Para Pramugari Basah-basahan di Kolam Renang

Faktor keselamatan dan keamanan penumpang jadi fokus yang wajib diterapkan maskapai. Selain komponen dan pengoperasian pesawat, maskapai juga harus melatih sumber daya manusianya termasuk pilot dan awak kapal.

Angkasa Training Center milik Lion Group, merupakan fasilitas pelatihan bagi sumber daya manusia seluruh pegawai yang beroperasi di lapangan. Tribunnews berkesempatan melihat kegiatan 20 pramugari sedang berlatih simulasi saat kecelakaan pesawat terjadi. Para calon pramugari awalnya memulai pelatihan pada pukul 07.30 WIB.

Pada pagi hari, mereka mempelajari semua peralatan fasilitas penyelamatan di pesawat. Saat matahari berada di atas kepala, para calon pramugari keluar dari kelas menuju latihan praktik.

Setelah berganti baju, mereka memulai pemanasan terlebih dahulu, karena akan berlatih evakuasi di kolam renang. Sebelum masuk ke kolam renang, para calon pramugari mempelajari pelampung yang akan dipakai saat evakuasi.

Mulai dari cara mengembangkan pelampung sampai menutup pelampung saat cuaca buruk terjadi. Selanjutnya satu persatu, para calon pramugari juga belajar meniup pelampungnya masing-masing. Tugas selanjutnya para calon awak pesawat menyeburkan diri untuk bertahan mengapung di kolam renang tanpa boleh tenggelam.

Dalam latihan tersebut para calon pramugari diperintahkan oleh sang instruktur untuk bisa mengapung dan berkumpul membentuk formasi.
"Ayo pegang tangan temannya bukan pelampungnya," teriak instruktur utama Wina Balina dari atas pesawat simulasi Boeing 737, di Jakarta, Kamis (14/4/2016).

Selang 15 menit semua calon pramugari telah berkumpul di kolam renang. Wina pun kembali menguji agar mereka mengubah formasi akan ada bahaya ikan hiu di laut. Walaupun sempat berantakan, namun 20 gadis dari berbagai kota di Indonesia berhasil membentuk formasi bertahan menghadapi ikan hiu.
Setelah berhasil mengubah formasi melawan hiu, dan ombak besar, calon pramugari tersebut diperintahkan untuk naik ke kapal pelampung dengan waktu terbatas.

Terlihat dari raut muka mereka, terlihat lelah karena terkuras tenaganya dan menahan sengatan sinar matahari. Sekitar pukul 13.00 WIB, para calon awak pesawat Wings Air semuanya telah naik ke kapal pelampung simulasi. Mereka pun dipersilahkan beristirahat dan makan siang.
Pelatihan calon pramugari dimulai selama empat bulan lamanya.

Walaupun mereka sudah bekerja, namun satu tahun sekali mereka wajib kembali dilatih selama satu minggu lamanya.

Berikut videonya.



Baca Juga: Sedang Asik Menilang, Polisi Tewas Terlindas Truk
Sumber: Tribun
Related Posts
zoetami
I am a passionate travel blogger. I would go anywhere when the nature is calling.

Related Posts