R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Jokowi Diduga Menggaji 'Lawan Politik' Sebesar 88 M Perbulan


Presiden Joko Widodo ( Jokowi) diduga menggaji orang-orang yang menjadi lawan politiknya sebesar Rp 88 miliar per bulan. Jumlah ini setidaknya hitungan kasar jika melihat masih bertahannya orang-orang lama yang 'ditanam' penguasa sebelumnya di Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Hitungan itu memang tidak akurat, tapi bisa untuk menjadi gambaran bagi kita bahwa pemilu 2019 nanti logistik dan jaringan ada di tangan lawan-lawan Jokowi," kata Immanuel Ebenezer, Ketua Relawan Jokowi yang sekarang memimpin Basuki Tjahaja Purnama Mania (Batman).

Hal itu dikatakannya dalam diskusi 'Revolusi Mental dan Bersih-bersih BUMN' di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (27/5).

Hadir dalam diskusi tersebut sebagai pembicara yakni Pengawas Kebijakan Publik & Kerjasama Internasional, Don K Marut, Pengamat Politik, Emrus Sihombing, Direktur Eksekutif LIMA, Ray Rangkuti, Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio, dan Koordinator Gerakan Indonesia Bersih, Adhie M Massardi.

Immanuel memaparkan, diperkirakan ada 119 BUMN, 300 anak BUMN, dan 400 cucu BUMN di Indonesia. Total ada sekitar 800-an BUMN dari induk hingga anak dan cucunya.

Dari jumlah itu, rata-rata ada 3 posisi komisaris dan 3 direksi. Dengan demikian, total ada 4.800 posisi di BUMN dari induk hingga anak cucu.

"Nah kalau selama 1 tahun 8 bulan ini pergantian komisaris dan direksi baru menyentuh sekitar 400-an orang, maka masih ada sekitar 4.400 orang lama di dalam sana yang bisa jadi merupakan lawan politik atau minimal bukan pendukung Jokowi di Pilpres kemarin," papar Immanuel.

Immanuel menjelaskan alasan mengapa sekitar 4.400 komisaris dan direksi diidentifikasikan sebagai lawan politik atau setidaknya bukan pendukung Jokowi. Sederhananya, kata dia, sebab mereka bukan dari rekomendasi partai pendukung maupun kelompok-kelompok relawan pendukung Jokowi.


Related Posts

Related Posts