R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Teknologi Canggih Dalam Film-film Ini Sekarang Sudah Jadi Kenyataan


Perkembangan teknologi sekarang ini sudah mencapai level sangat maju, oleh karena itu model-model teknologi super maju yang digambarkan dalam film bukan tidak mungkin akan benar-benar ada. Banyak film-film fiksi ilmiah yang menggambarkan model-model teknologi yang belum ada di kehidupan nyata, teknologi tersebut digambarkan sebagai teknologi yang sangat maju dan bisa mempermudah aktifitas manusia dari berbagai sisi.

Dalam sebuah film berjudul Minority Report yang disutradarai oleh Steven Spielberg, teknologi-teknologi yang muncul di film ini merupakan hasil diskusi sang sutradara dengan berbagai ilmuwan yang professional di berbagai bidang, hal ini menjadikan film Minority Report (2002) disebut menjadi film yang gambaran teknologi di dalamnya dibuat menjadi kenyataan.

Setelah film Minority Report banyak film yang memunculkan teknologi-teknologi mutakhir yang belum ada di kehidupan nyata. Kali ini akan mengulas teknologi-teknologi tersebut dengan perkembangan nyata yang terjadi di kehidupan nyata. Tema ini diadaptasi dari website Intel di antaranya :

Pacific Rim (2013)
Dalam Film :
Seperti serial kartun klasik Pat labor, Pacific Rim menggambarkan robot-robot besar yang dikemudikan oleh manusia.

Kenyataan:
Telah ada pengembangan sebuah robot layaknya di film ini. Suidobashi Heavy Industries dari Jepang berhasil membuat sebuah robot setinggi 3 meter seberat 6 ton yang dikemudikan oleh manusia. Robot tersebut diberi nama Kurata.

Elysium (2013)
Dalam Film:
Elysium menghadirkan sebuah baju tempur dalam model exoskeleton yang bisa memberikan kekuatan berlebih untuk siapa yang memakainya.

Kenyataan:
Teknik exoskeleton juga sudah ditemukan di kehidupan nyata. Di pembukaan piala dunia 2014, penendang bola pertama adalah seorang yang lumpuh, namun dia menggunakan full-body exoskeleton yang digerakkan dengan pikiran.

Eternal Shunshine of The Spotless Mind (2004)
Dalam Film:
Film ini menceritakan sebuah alam di mana ingatan bisa dihapus seperti membuang sampah.

Kenyataan:
Belum ada teknologi pasti untuk melakukan hal ini, tetapi para ilmuwan sudah mengembangkan sebuah penghapus ingatan yang sukses dilakukan kepada tikus-tikus percobaan. Disebut denga obat HDAC2, obat ini bisa menghapus trauma dalam otak tikus, jika obat ini sudah disempurnakan penemuan ini berguna untuk para penderita post-traumatic stress disorder (PTSD).

Her (2013)
Dalam Film:
Dalam film Her digambarkan sebuah operating system yang mempunyai perasaan, bahkan bisa jatuh cinta dengan pemiliknya.

Kenyataan:
Sejauh ini asisten dengan kecerdasan buatan baru tercipta dalam bentuk Google Now atau Siri (dari Apple Inc.). Tetapi seorang ilmuwan bernama Ray Kurzweil percaya jika di tahun 2029 hal yang ada di film Her bisa benar-benar terjadi.

Iron Man (2008)
Dalam Film:
Jarvis adalah sebuah program kecerdasan buatan yang membantuk Tony Stark (Robert Downey Jr.) dalam menyelesaikan semua penelitiannya, dalam trilogi film Iron Man (2008-2013) sering muncul tampilan komputer modern, layaknya menggunakan layar hologram yang digunakan oleh Tony Stark.

Kenyataan:
CEO Space X, Elon Musk sudah mulai mengembangkan sebuah laboratorium seperti yang muncul di film Iron Man. Tahun 2013 lalu Musk pernah mempresentiasikan sebuah desain menggunakan gerakan tannganya, pada waktu itu Musk masih menggunakan sebuah sensor gerak, sebuah Oculus Rift dan Proyektor.

The Matrix (1999-2003)
Dalam Film:
The matrix menggambarkan sebuah alam virtual sempurna, Melibatkan sisi medis dengan kabel yang tersambung melalui bagian tengkuk para pemerannya.

Kenyataan:
Masih berhubungan dengan Oculus Rift, dengan perkembangannya, Oculus Rift bisa menciptakan dunia dunia baru untuk pemakainya, versi terbaru Oculus Rift juga dilengkapi dengan 'positional tracking' sehingga dunia buatan yang dilihat penggunanya akan tercipta lebih sempurna.


Baca Juga: Fakta-fakta Menyeramkan Dibalik Karakter-karakter Kartun & Animasi Terkenal
Sumber: FB TechnoInfo Bekasi
Related Posts
zoetami
I am a passionate travel blogger. I would go anywhere when the nature is calling.

Related Posts